Kamis, 01 Maret 2012


Si Mungil yang Enerjik
Kelincahan sebuah city car dengan pendewasaan karakter.

Lazimnya city car, tentu identik dengan desainnya yang “lucu” dan mungil. All New Kia Picanto pun demikian. Hasil garapan Peter Schreyer, kepala desainer Kia, yang juga mantan kepala desainer Audi, ini memberi nuansa yang berbeda dengan Picanto pendahulunya, yang telah dikenal luas di pasar Indonesia dan dunia. Meski desainnya berubah total, Picanto teranyar ini tetap berkesan “lucu” dan mungil. Dua karakter ini menjadi nilai awal yang baik bagi upaya penetrasinya di pasar mobil kecil yang diperuntukkan di daerah perkotaan.

Tak perlu menunggu gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang dihelat 22-31 Juli, All New Picanto dirilis kepada wartawan pada 4 Juli di hotel Gran Melia, Jakarta Selatan. Adapun launching kepada publik dilakukan di mall Gandaria City pada 7 Juli, dengan atraksi 'video mapping' yang baru pertama kali dilakukan pada peluncuran produk mobil di Indonesia.

All New Picanto dibekali mesin baru 1.248 cc yang berteknologi 'dual CCVT' dan dikencani transmisi otomatis 4-speed. Peningkatan kapasitas silinder sebesar 162 cc dari pendahulunya, mampu menyumbang tenaga lebih besar 23 hp dan torsi 24,5 Nm,  menjadikan totalnya 87 hp dan 120,5 Nm.

Paras menariknya dihiasi lampu utama yang kini dibuat lebih tegas, dengan tambahan ornamen menyerupai alis. Kesan yang lebih “dewasa” pun muncul. Lampu belakang pun tampil sangat berbeda dari pendahulunya. Dari berbentuk bulat, kini Kia menghadirkan lampu rem berbentuk bumerang.

Sedangkan sisi interior hadir lebih modern dan solid. Schreyer menghadirkan lekukan dashboard asimetris (sesuatu yang menjadi menarik di masa kini), dan guratan garis perak memanjang dari ujung kiri ke tengah yang sepadan dengan lingkar kemudi. Bahkan, kesan dewasa juga muncul berkat penggunaan setir ‘two spoke’, sehingga membedakannya dari kebanyakan city car.

Adapun MID (multi information display) yang disematkan pada   Picanto anyar ini dilengkapi trip komputer yang mengindikasikan sisa jarak tempuh dan 'ECO mode'. Ya, 'ECO mode' adalah fitur panduan untuk pengemudi agar bisa menghemat konsumsi bahan bakar melalui tanda 'ECO ON' yang diaktifkan dengan menekan tuas batang di tengah instrumen. Fitur ini menjadi nilai lebih yang sangat menarik di kelasnya.

Adapun 'instrument cluster'-nya dibuat dengan konsep ‘three cylinder’. Sementara itu, sistem audio lansiran Kenwood mampu memainkan radio, cd, dan terdapat koneksi untuk iPod, serta port USB.

Ketika merambah ke jalan raya, All New Picanto ini memiliki akselerasi awal yang sangat responsif. Sementara fitur ESP (electric power steering) yang digunakan pada kemudi membuat koreksi pengendalian saat akselerasi kian akurat. Putaran kemudi pun begitu ringan ketika melaju di kecepatan rendah dan memberat di kecepatan tinggi. Ini adalah sebuah kualitas yang tidak dimiliki banyak city car lain. Adapun penyempurnaan pada suspensi depan yang menjadi lebih lembut 12% dan 29% di belakang, membuat Picanto lebih luwes meredam gejolak dari jalan bergelombang.

Kami juga merasakan pengendaraan yang baik saat mobil melaju sekitar 80 kpj. Interupsi suara ke dalam kabin terbilang kian minim dan senyap di kelasnya. Namun, kualitas plastik pada doortrim dan dashboard belum terlalu memuaskan.

Picanto terbaru ini berpotensi kembali merajai kelas city car di Indonesia, sebagaimana yang dilakukan Picanto lawas dalam kurun 2005-2008. PT Kia Mobil Indonesia –ATPM Kia-- membanderol All New Picanto Rp 133juta untuk transmisi manual dan Rp 147juta untuk transmisi otomatis. Harganya tergolong kompetitif dibanding para pesaingnya, seperti Suzuki Splash Rp 148 juta, Nissan March Rp 148-168juta, dan Daihatsu All New Sirion Rp 150 jutaan (estimasi).
Sari Saraswati

KELEBIHAN
- Desain atraktif
- Eco mode
- Kabin kedap

KEKURANGAN
- Fitur keselamatan tambahan
- Material plastik kabin

DATA & FAKTA
Harga : Rp 147 juta (OTR SOLO FEB 2012)
Mesin : Bensin, 4-silinder DOHC, 1.248 cc
Tenaga : 87 hp @ 6.000 rpm
Torsi : 102,5 Nm @ 4.000 rpm
Transmisi : Otomatis, 4-speed
Konsumsi BBM : 19 kpl (kombinasi)
Tangki : 35 liter
Dimensi : 3.595 x 1.595 x 1.480 mm
Bagasi : 200 liter

JOKO KIA SOLO
0857 25311  063
(0271) 7990861


Tidak ada komentar:

Posting Komentar